Tanda dan Gejala Anemia

Anemia merupakan suatu gangguan kesehatan tubuh yang disebabkan oleh kurangnya pasokan darah dan oksigen di dalam tubuh terutama sel darah merah yang memiliki peranan dalam sistem organ tubuh dan kesehatan tubuh manusia.

Anemia terjadi disebabkan oleh menurunnya atau rendahnya produksi dan jumlah sel darah merah akibat dari tubuh yang kekurangan zat besi. Sakit anemia menyerang kapan saja dan pada siapa saja yang dikehendaki. Seseorang yang kekurangan sel darah merah akan mudah mengalami penrunan kesehatan dan kekebalan tubuh dan cenderung mudah terserang penyakit. Sakit anemia juga dapat diartikan sebagai salah satu tanda dari terganggunya kesehatan tubuh terhadap penyakit lainnya sebelum terjadi anemia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar sel darah merah dan aliran sel darah merah dalam pembuluh darah

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengenali gejala atau tanda dari serangan anemia, yakni :

1. Periksa perubahan warna kulit. Meskipun memiliki warna kulit yang cenderung gelap, gejala anemia masih mudah untuk dikenali dengan melihat perubahan warna kulit wajah atau bibir kulit yang terlihat pucat seperti orang yang sedang sakit meski tubuh dalam keadaan sehat.

2. Seseorang yang memiliki anemia, cenderung lebih sering mengalami rasa lelah dan memiliki perasaan yang sensitif (mudah tersinggung).

3. Terkadang beberapa diantaranya ada yang mengalami sakit kepala hingga kehilangan nafsu makan.

4. Terkadang suka sembelit yang terjadi dalam waktu yang cukup lama atau terus-menerus hingga kehilangan banyak cairan tubuh, hal ini juga yang menjadi gejala dari sembelit.

5. Sulit berkonsentrasi merupakan salah satu gejala anemia yang cukup menganggu. Kesulitan dalam berkonsentrasi dapat memengaruhi kinerja dan pekerjaan.

6. Penurunan nafsu makan, namun terkadang tiba-tiba memiliki nafsu makan yang berlebih hingga menimbulkan suatu gangguan dalam sistem metabolisme tubuh.

7. Anemia juga dapat mempengaruhi psikologis seperti susana hati dan emosi yang mudah mengalami stress atau depresi. Karena anemia dapat memberi pengaruh yang cukup kuat terhadap emosi dan mood.

8. Mengalami sesak nafas. Hal in disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang berkurang. Sel darah merah merupakan bagian yang sangat penting bagi sistem pernafasan. Sesak nafas umumnya dialami pada mereka yang menderia anemia sedang hingga berat.

9. Beberapa diantaranya ada yang mengalami kedinginan pada salah satu anggota tubuh yang sering dirasakan yang disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar akibat anemia. Bagian tubuh yang sering merasakan kedingian adalah telapak tangan/kaki.

10. Sering merasa cepat lelah dan pusing. Gejala ini umumnya dirasakan saat bangun dari tidur atau saat hendak berdiri karena terlalu lama duduk dan pusing jika berdiri terlalu lama.

Umumnya mereka yang mengalami sakit anemia, mudah sekali untuk dikenali dan dilihat secara fisik oleh mata. Untuk mengetahui sendiri apakah terserang sakit anemia atau tidak adalah dengan cara mengecek warna kulit pada kantung mata bagian dalam bawah. Jika terdapat warna kurang merah berarti anda dapat dikatakan mengalami anemia.


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Anemia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>