Ciri-Ciri Penyakit Anemia

Untuk mengetahui bagaimana anemia itu terjadi, kita wajib mengenal terlebih dahulu bagaimana gejala dari anemia itu sendiri, ada baiknya untuk mengetahui gejala dan tanda-tanda anemia sejak dini agar kita tahu cara pencegahan dan mengantisipasi serangan anemia.

Anemia yang memang banyak melanda wanita dibanding pria hal iniĀ  didasari dari tingkat aktivitas yang dilakukan dan kondisi kesehatan dan riwayat penyakit yang mungkin dimiliki. Dari banyaknya kasus anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh sehingga mempengaruhi produksi sel darah merah yang kemudian mempengaruhi metabolisme tubuh dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang umumnya terserang anemia tidak mengenali atau mengetahui lebih dahulu gejala dari anemia cenderung mengabaikannya, namun sebenarnya anemia dapat dianggap sebagai gangguan kesehatan yang cukup mengkhawatirkan karena dapat menganggu rutinitas sehari-hari.

Berikut ini ciri-ciri dari seseorang yang terkena anemia, adalah :

1. Ciri dari orang yang terkena anemia mudah sekali dikenali dari bentuk mata yang cenderung lebih cekung dan apabila dilihat dari kantung mata bagian dalam bawah akan tampak warna merah agak keputihan yang merupakan salah satu tanda dari anemia.

2. Mata sering merasa perih dan kunang-kunang

3. Sering sakit kepala dan pusing

4. Badan sering kali merasa cepat lelah, letih , lesu, lunglai dan lemah (gejala 5 L)

5. Tidak mampu berdiri atau duduk terlalu lama

6. Wajah tampak pucat seperti orang sakit meski tubuh terlihat sehat

7. Tampak bibir, telapak tangan, lidah dan kulit tampak pucat.

Jika sering mengalami gejala diatas, dipastikan seseorang mengalami anemia, terutama kaum wanita yang lebih sering mengalami anemia, karena kebutuhan zat besi pada wanita dibanding pria.

Anemia memberi dampak buruk yang sangat fatal bila tidak langsung ditangani, anemia yang dapat menyerang siapa saja bahkan pada anak-anak sekalipun akan berakibat pada :

a. Anak-anak :

- Menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar.
- Menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan otak.
- Meningkatkan risiko menderita penyakit infeksi karena daya tahan tubuh menurun.

b. Wanita :

- Anemia akan menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah sakit.
- Menurunkan produktivitas kerja.
- Menurunkan kebugaran.

c. Remaja putri :

- Menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar.
- Mengganggu pertumbuhan sehingga tinggi badan tidak mencapai optimal.
- Menurunkan kemampuan fisik olahragawati.
- Mengakibatkan muka pucat.

d. Ibu hamil :

- Menimbulkan perdarahan sebelum atau saat persalinan.
- Meningkatkan risiko melahirkan Bayi dengan Berat Lahir Rendah atau BBLR ( – Pada anemia berat, bahkan dapat menyebabkan kematian ibu dan/atau bayinya.

Akibat dari gejala anemia dapat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh seseorang. Oleh karenanya kenali gejala anemia sejak dini sebagai upaya pencegahan dan pengobatan lebih awal dari serangan anemia. Penuhi kebutuhan sumber gizi dan vitamin terutama zat besi dan vitamin B kompleks untuk tetap menjaga produksi sel darah merah yang sehat dan terhindar dari anemia.


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Anemia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>