Cara Mencegah Anemia

Menurut data dari National Anemia Action, Amerika Serikat. Ada sekitar 12 % wanita yang menderita anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi yang banyak terjadi pada mereka yang berusia antara 12-49 tahun dan anemia ini pun dapat terjadi pada wanita hamil di Amerika Serikat hingga mencapai 20 %.

Serangan sakit anemia tidak dapat diketahui kapan datangnya, tetapi dapat dikenali secara fisik melalui gejala yang terjadi dan sering dirasakan, umumnya sakit anemia banyak terjadi pada meraka yang memiliki tekanan darah rendah (100/80 mmHg atau 90/80 mmHg). Sakit anemia ini banyak terjadi pada wanita dibanding pria, hal ini dilatar belakangi oleh wanita memiliki tingkat sensitif dan kecenderungan hormon yang sering kali mudah berubah dan mempengaruhi psikologis.

 

Anemia sendiri sebenarnya bukan tergolong dalam kategori suatu penyakit yang berbahaya, hanya saja beberapa orang yang mengalami anemia sedang atau berat akan merasa terganggu untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Anemia itu terjadi umumnya banyak disebabkan oleh tubuh kekurangan zat besi dan vitamin pendukung lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B2, vitamin B12, asam folat dsb.

Lingkaran makanan yang daapat dikonsumsi oleh penderita anemia

Anemia dapat dicegah dan diobati baik dengan cara alami ataupun pengobatan secara modern yang diharuskan untuk konsumsi obat untuk penambah darah.

Berikut ini ada tips sederhana yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan dari sakit anemia, yakni :

1. Meningktkan asupan makanan yang banyak mengandung zat besi

Salah satu cara untuk mencegah serangan anemia yang diakibatkan oleh kurangnya zat besi. Untuk mencegah anemia salah satu hal yang paling penting adalah dengan meningkatkan dan mencukupi asupan makanan yang mengandung zat besi dan melakukan diet sehat.

Sumber makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging, ikan, kacang-kacnagan, biji labu, buah labu, sayuran bedaun hijau seperti bayam dll.

2. Mengonsumsi makanan yang dapat membantu penyerapan zat besi

Beberapa jenis makanan diketahui dapat meningkatkan dan membantu tubuh dalam penyerapan sari makanan yang mengandug zat besi. Sumber zat besi ada pada buah-buahan, dan sayuran-sayuran terutama buah yang banyak mengandung vitamin B kompleks untuk meningkatkan produksi sel darah merah, seperti tomat, pisang, pepaya, wortel, dan jenis buah lainnya.

3. Membatasi dan mengurangi minuman yang dapat memperlambat penyerapan zat besi

Jenis minuman yang harus dibatasi dan dikurangi konsumsinya seperti kopi, teh dan anggur merah saat makan. Kadar kafein yang dimiliki minuman tersebut akan memberi pengaruh keterlambatan kemampuan metabolisme tubuh untuk menyerap zat besi.

4. Lakukan penanganan dan pengobatan jika menderita fybroids

Fybroids yakni kehilangan banyak darah saat menstruasi yang berakibat pada serangan sakit anemia. Apabila seorang wanita sering mengalami perdarahan hebat saat menstruasi maka perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih cepat agar tidak menimbulkan anemia yang smakin kronis.

5. Periksa kondisi kesehatan

Lakukan lah pemeriksaan secara rutin atau berkala minimal 1 atau 3 bulan sekali untuk mengecek kesehatan. Umumnya pihak medis akan melakukan pengecekan pada tekanan darah. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengecek jumlah sel darah merah dan pemberian suplemen penambah zat besi. Apabila anemia yangg dialami keadaan yang cukup parah maka akan disarankan untuk melakukan transfusi darah segera.


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Anemia and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>