Anemia

Anemia – Anemia salah satu gangguan pada produksi sel darah merah. Pada saat anemia maka kondisi tubuh hanya sediki memiliki sel darah merah, sehingga tidak baik untuk kesehatan. Karena sel darah merah sangat penting peran nya untuk seluruh anggota tubuh. anemia bisa dialami hanya sesaat atau pun jangka panjang. Biasa nya orang yang mengalami anemia jangka panjang dipengaruhi oleh faktor keturunan seperti hal nya menderita penyakit thalasemia yang merupakan ada nya kelainan untuk menghasilkan sel darah merah. Anemia jika berlangsung lama, bisa menyebabkan gangguan tubuh yang serius karena tidak ada yang dapat menggantikan peran penting sel darah merah yang sangat penting.

gejala anemia

gejala anemia

Penyebab Anemia

Anemia yang terjadi bisa di sebabkan oleh berbagai macam. Kurang nya nutrisi dari zat besi bisa menyebabkan anemia, karena zat besi bisa membantu untuk mengatasi kurang darah atau pun membantu produksi sel darah merah. Oleh sebab itu banyak yang mengalami anemia akibat kurang nya nutrisi dari zat besi. Penyakit turunan talasemia walaupun jarang yang mengalami nya, maka dapat menjadi penyebab anemia juga jika terjadi. Pada saat tubuh mengeluarkan banyak darah, pada saat menstruasi atau pun terjadi nya sayatan pada saat operasi atau pun luka juga dapat memicu terjadi nya anemia. Anemia juga bisa terjadi akibat mengkonsumsi makan makanan yang dapat menghambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh, atau pun jenis obat obatan yang memiliki efek samping sehingga anemia dapat terjadi.

Gejala Anemia

Anemia atau kurang darah merah yang terjadi akan menimbulkan reaksi dan respon tubuh. reaksi tersebut bisa langsung di rasakan oleh penderita anemia pada saat sel darah merah berkurang atau pun jumlah nya yang sedikit. Oleh sebab itu berikut beberapa gejala anemia yang dapat terjadi :

  • Pusing kepala

Pusing kepala merupakan hal yang paling pertama di rasakan pada saat gejala anemia. Gejala anemia pusing kepala bisa terjadi akibat kurang nya oksigen dan sel darah merah untuk di alirkan pada kepala dan juga otak sehingga menyebabkan pusing kepal terjadi.

Gejala anemia juga bisa menyebabkan penderita nya mengalami sesak nafas. Sesak nafas bisa terjadi akibat paru paru tidak mendaptakan asupan oksigen dengan jumlah yang cukup sehingga kekurangan oksigen untuk dialirkan ke paru paru bisa terjadi pada gejala anemia.

  • Pucat

Pucat atau kulit yang terlihat lebih putih namun tidak segara akan mudah terlihat pada saat gejala anemia. Tidak hanya pada kulit saja yang akan terlihat pucat tetapi bagian kuku dan juga bibir akan terlihat pucat pada gejala anemia.

  • Kesemutan

Karena sel darah merah yang berkurang, maka gejala anemia yang akan terjadi akan menyebabkan kesemutan. Di akibatkan oleh asupan darah yang kurang akibat di produksi hanya sedikit pada saat mengalami anemia, maka kesemutan akan terjadi seperti hal sakit asam urat.

  • Dayah tahan tubuh menurun

Kondisi tubuh pada saat mengalami anemia juga akan lebih lemas, dan akan mudah merasakan lelah. Sehingga pada saat gejala anemia akan orang yang mengalami nya akan lebih diam. Orang yang menderita anemia juga akan lebih mudah sakit, akibat dari penurunan daya tahan tubuh.

  • Rambut rontok parah

Gejala anemia juga akan menyebabkan kondisi kesehatan rambut akan terganggu. Akibat nutrisi yang kurang maka rambut akan mudah rontok. selain rambut yang rontok parah gejala anemia juga akan menyebabkan kuku mudah patah atau pun rapuh. Sehingga akan menganggu penampilan.

Cara Mengatasi Anemia

Jika telah mengetahui penyebab anemia yang dialami oleh diri sendiri maka anemia bisa diatasi dengan baik. cara yang pertama yang bisa di lakukan untuk mengatasi anemia dengan mengatasi penyebab anemia terlebih dahulu. Dan selanjut nya untuk mengatasi anemia bisa di lakukan dengan memberikan asupan penambah darah. asupan penambah darah akan membantu untuk mengatasi gejala anemia dan juga membantu untuk memproduksi sel darah merah lebih banyak. anemia juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi dengan makanan yang dapat menambahkan darah seperti hal nya kacang kacangan, kacang kedelai, kacang hijau atau pun kacang merah dapat di konsumsi untuk mengatasi anemia.

Sayuran hijau juga dapat di konsumsi untuk mengatasi anemia, sayuran yang dengan cepat meningkatkan sel darah merah seperti bayam dan juga brokoli. Dan jenis buah buaha yang baik, yaitu buah naga, kismis atua pun aprikot. Ikan laut, dan juga kerang juga baik untuk membantu meningkatkan sel darah merah. Selain itu jika ingin mengkonsumsi makanan penambah darah dari daging merah bisa memiliki jenis yang rendah lemak, sehingga akan tidak akan memicu gangguan kesehatan lain nya pada tubuh. selain itu juga dapat memberikan asupan suplemen yang akan membantu untuk penyerapan nutrisi lebih baik lagi agar mengatasi anemia, dan juga akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. cara mengatasi anemia juga bisa dengan menjauhi makanan atau obat obatan yang bisa menyebabkan terhambat nya nutrisi sehingga memicu anemia. Seperti hal nya teh dan juga kopi yang jika di konsumsi bisa menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi.

Anemia


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Anemia and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *